Kesehatan

Duh! Ternyata Ini Sebabnya Kenapa Rambut Mudah Rontok dan Kuku Cepat Rapuh

duh-ternyata-ini-sebabnya-kenapa-rambut-mudah-rontok-dan-kuku-cepat-rapuh-ewZGQ6CAoQ.jpgw300

SAAT mengonsumsi makanan, orang cenderung lebih memerhatikan jumlah kalori yang diterimanya. Bisa dibilang hanya sedikit orang yang memerhatikan kandungan vitamin pada makanan yang dikonsumsinya. Padahal beberapa vitamin diperlukan untuk menjaga keseimbangan tubuh seperti vitamin B.

Vitamin B diperlukan untuk menjaga energi, mood, dan kekuatan otak. Selain itu, ilmuwan Australia juga telah menemukan data bahwa vitamin B3 bisa mengurangi jumlah bayi yang terlahir cacat dan keguguran di seluruh dunia. Vitamin B3 dikenal sebagai niacin yang membantu memperbaiki kekurangan nutrisi.

Selain vitamin B3, vitamin B6 bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Vitamin ini membantu tubuh memproduksi neurotransmitter, zat kimia otak yang bertugas mengomunikasikan informasi ke seluruh otak dan tubuh. Vitamin B6 membantu produksi serotinin yang bisa mengatasi masalah depresi, stres, dan kecemasan.

Kekurangan vitamin B membawa sejumlah masalah pada tubuh. Sebagai contoh, apabila Anda kekurangan vitamin B2, maka bibir akan menjadi pecah-pecah. Lalu, jika Anda kekurangan vitamin B7, rambut menjadi mudah rontok dan kuku mudah rapuh.

Untungnya vitamin B bisa didapatkan melalui konsumsi makanan yang diterima sehari-hari. Namun, gaya hidup yang tidak sehat bisa membuat tubuh kurang menerima asupan vitamin yang memiliki banyak subjenis ini.

Dilansir dari Daily Mail, Sabtu (12/8/2017), inilah sejumlah gaya hidup tidak sehat yang bisa mengurangi asupan vitamin B;

Terlalu banyak mengonsumsi gula atau karbohidrat

Apabila seseorang senang mengonsumsi makanan manis dan karbohidrat lainnya, hal itu akan mengurangi jumlah vitamin B di dalam tubuh. Untuk mengubah gula dan karbohidrat menjadi energi, diperlukan jumlah vitamin B yang cukup banyak. Dengan begitu, fungsi tubuh lainnya yang memerlukan vitamin B bisa kekurangan stok.

Alkohol

Bagi Anda yang gemar mengonsumsi alkohol, ketahuilah bahwa hal itu bisa membuat tubuh kekurangan vitamin B. Alkohol membakar vitamin B, khususnya B1 (thiamin) lebih cepat daripada seharusnya. Kadar thiamin yang rendah bisa memengaruhi mood Anda. Selain membakar lebih cepat, alkohol juga membuat daya serap tubuh terhadap vitamin B berkurang. 

Stres

Untuk memelihara sistem saraf yang sehat, tubuh memerlukan vitamin B. Namun apabila seseorang terlalu stres, dia membutuhkan vitamin B yang lebih banyak agar suasana hati tetap stabil. Sedangkan, stres bisa berpengaruh pada nafsu makan seseorang. Stres bisa membuat orang itu menjadi malas makan. Akibatnya, tubuh menjadi kurang vitamin B. Jika sudah begitu, stres bisa menjadi lebih parah.

Klik untuk Berkomentar

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ke Atas