Internasional

Fenomena Langka, Pelangi Pink Hiasi Langit Inggris

037444800_1502249365-DGpttvqXUAA7uyJ.jpg

BeritaRaya.com, Bristol – Selama ini kita mengenal warna pelangi ada tujuh. Keseluruhan warna tersebut kerap kita singkat dengan kata ‘mejikuhibiniu’.

Namun, baru-baru ini masyarakat dibuat kaget oleh fenomena langka seputar pelangi yang terjadi di Inggris. Warna pelangi yang selama ini bermacam-macam kini tampak didominasi oleh satu warna yaitu pink atau merah jambu.

Dikutip dari laman BBC, Rabu (9/8/2017), menurut seorang ahli, fenomena pelangi pink yang yang menghiasi langit kota Britol, Taunton dan Yate itu dikatakan sebagai ‘ilusi optik’.

Presenter BBC Weather Simon King mengatakan, tak ada nama khusus untuk fenomena tersebut.

Fenomena langka ini terjadi akibat kemunculan pelangi yang bersamaan dengan waktu senja. Akibatnya, matahari yang mulai tenggelam mendominasi warna merah muda pada pelangi.

Fenomena pelangi merah (Twitter/@rshipleyart)

Masyarakat pun dibuat terkesima dengan tampilan pelangi tersebut. Banyak netizen yang mengabadikan momen seperti ini untuk disebarluaskan ke media sosial.

“Biasanya, kemunculan pelangi disebabkan oleh tetesan air pada atmosfer yang memantulkan cahaya matahari ke spektrum warna yang berbeda,” ujar Simon King.

“Selain itu, pelangi tersebut muncul saat matahari terbenam yang kala itu langit bernuansa merah muda. Ditambah lagi posisi matahari yang lebih rendah sehingga warna ungu, biru dan hijau pada pelangi kian berkurang,” tambahnya.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Klik untuk Berkomentar

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ke Atas